Apa itu Programmer? Tugas, Jenis, Skill, dan Fungsi

 

Apa itu Programmer? Tugas, Jenis, Skill, dan Fungsi


Programmer adalah orang yang membuat program komputer. Ada beberapa jenis programmer dengan spesialisasi di pembuatan software maupun hardware.

Pernah nonton Imitation Game? Alan Turing sebagai programmer adalah pusat cerita film yang secara epik membuktikan bahwa mesin komputer bisa diprogram untuk mengerjakan urusan manusia. Teknologi tersebut yang di era modern sekarang kita sebut sebagai programming

Programmer adalah orang yang membuat program komputer.
Sumber: @ImitationGame via Twitter

Bedanya, komputer Turing menerima instruksi dari manusia melalui pita kertas. Sedangkan komputer modern diperintah lewat keyboard. Bukan hanya ukuran yang semakin kecil, kini komputer menjadi otak dari banyak jenis mesin. 

Karena tidak ada satupun program komputer yang bisa memecahkan semua permasalahan, role programmer menjadi sangat luas dan punya spesialisasinya masing-masing. 

Sebelum membahas lebih dalam jenis-jenis programmer, kenali apa itu programmer, tugas, skill, dan fungsi secara umum. 

Apa itu Programmer? 

Freecodecamp mendefinisikan programmer adalah orang yang membuat program komputer, baik software maupun hardware

Perannya dibutuhkan sejak awal pengembangan program, mulai dari outlining struktur program tersebut, mendesain, menguji, sampai versi akhirnya dirilis. 

Programmer bisa juga terlibat dalam menulis kode-kode pemrograman secara langsung. Walaupun sebenarnya, tugas tersebut bisa didelegasikan ke seorang coder yang sama-sama mengerti bahasa pemrograman.  

Jadi, coding hanyalah salah satu aktivitas dalam programming dan tugasnya bisa diambil alih coder. Sedangkan tugas programmer tidak bisa digantikan coder. Karena selain coding dengan bahasa pemrograman, programmer juga harus menguasai algoritma machine learningdata processing, dan data structures (struktur data). 

Tugas Programmer

Untuk men-develop suatu program komputer, berikut beberapa tugas programmer yang menjadi bagian dari tanggung jawabnya:

  • Merancang struktur dari program/aplikasi dengan bantuan tools seperti Trello dan Jira
  • Mendesain program dengan bantuan tools seperti Figma dan Adobexd
  • Mengembangkan program yang sudah didesain dengan pilihan bahasa pemrograman, semisal Python, SQL, dan Javascript
  • Menguji (testing) fitur-fitur dalam program
  • Melakukan deploy atau mengimplementasikan program komputer ke semua target perangkat mulai dari mobile sampai desktop.
  • Merawat atau maintaining setelah versi akhir dirilis ke user  

Profesi programmer di tiap perusahaan bisa saja menjalani tugas yang saling berbeda. Kamu bisa membayangkan contoh programmer dengan tugas nyata sehari-harinya dari salah satu lowongan kerja berikut.

contoh programmer dan tugasnya di perusahaan

Perbedaan tugas sangat mungkin ditemukan karena programmer juga memiliki beberapa spesialisasi. 

Jenis-jenis Programmer

Ada jenis-jenis programmer dengan spesialisasi di software maupun hardware.

Dengan skill pemrograman, ada beberapa peluang kerja untuk seorang programmer. Berikut beberapa di antaranya sebagaimana dikutip dari Indeed:

#1 Computer hardware programmer

Pemrogram ini mengerjakan desain hardware, mengembangkan, dan menyusun komponen listrik di sistem fisik komputer. Misalnya, mereka menulis kode yang memberitahu komputer untuk mematikan atau menghidupkan mesin ketika user menekan tombol “on/off” di keyboard

Jadi, programmer computer hardware tidak hanya mendesain sistem tapi juga kelistrikannya.

#2 Software programmer

Software programmer merancang dan membuat perangkat lunak untuk berbagai sistem komputer. Setiap jenis program memerlukan bahasa pemrograman yang unik sehingga banyak programmer berspesialisasi dalam bahasa codingan tertentu.  


#3 Database programmer

Pemrogram yang merancang database juga melakukan coding untuk menginstruksi program komputer. Karena database memberikan akses ke user untuk menyimpan dan mengolah data, banyak bisnis meminta software yang di-customized. Pemrogram database akan mendesain sistemnya sejak awal sesuai permintaan dari klien.

#4 Web developer

Inti dari pengembangan website juga membutuhkan kemampuan coding. Seorang web developer menggunakan bahasa pemrograman untuk mendesain situs web yang memenuhi standar visual dan fungsi sebagaimana permintaan klien. Ia juga bertanggungjawab memperbarui halaman web dan melakukan pemeliharaan secara rutin.

Skill Programmer

Skill programmer yang wajib dikuasai:

 #1 Fasih bahasa pemrograman

Menguasai bahasa pemrograman menjadi skill wajib bagi programmer. Designveloper menyebut profesi programmer dan IT engineer harus fasih setidaknya satu bahasa pemrograman.

Jika ingin mulai belajar programming, mulailah dari Python dan Java. Keduanya punya utilitas serbaguna dan dipakai banyak industri.

Mempelajari bahasa-bahasa pemrograman lain bisa jadi poin plus karena semakin banyak pula spesialisasi yang bisa dikuasai. Geekboots merekomendasikan beberapa di antaranya:

  • Javascript - untuk pengembangan website
  • SQL - untuk database
  • Linux - untuk operasi sistem komputer
  • XML - untuk pemrograman umum
  • C++ - untuk tujuan umum, terutama di bidang teknik
  • C# - untuk tujuan umum
  • .NET - untuk tujuan umum  

 #2 Keterampilan debugging

Temuan bug atau error akan ada setelah tahap testing program atau aplikasi. Sebagai tindak lanjut, bug harus segera diperbaiki (debugging). Ini menjadi salah satu keterampilan teknis paling penting bagi seorang programmer.

Mendeteksi error pada kode pemrograman dan memperbaikinya menjadi bagian dari pekerjaan programmer.

 #3 Berpikir logis   

Programmer menjadi tempat bertanya ketika terjadi kegagalan fungsi pada program. Sebelum bisa memberi solusi, programmer harus menilai berdasarkan fakta.

Conditional thinking dapat melatih cara berpikir rasional. Perbanyak skenario berpikir jika ini, maka itu. Semakin sering, semakin mudah menganalisis bagaimana berbagai elemen berinteraksi untuk sampai pada hasil tertentu.    

#4 Matematika

Banyak orang ragu mencoba programming karena berpikir kemampuan matematika mereka harus kuat. Faktanya, kemampuan matematis tidak menjamin seseorang bakal otomatis jago programming.

Geeksforgeeks menyebut programmer bisa survive di profesinya dengan baik meskipun hanya menguasai aljabar dan statistika dasar.

Skill programmer yang terpenting adalah menguasai bahasa pemrograman, problem-solving, juga berpikir analitis dan logis. Tidak ada hubungannya sama sekali dengan memecahkan rumus-rumus matematika yang kompleks.   

Fungsi Programmer

TechWalla dan Indeed mendaftar pentingnya fungsi programmer:

#1 Pengetahuan tentang sistem

Fungsi programmer sangat penting karena dialah yang mengerti tentang seluk beluk sistem komputer, termasuk batasan-batasannya. Ilmunya dapat membantu bisnis menetapkan ekspektasi yang realistis. 

Mengembangkan suatu program komputer juga bukan proyek semalam. Peran programmer akan terasa sejak awal ketika identifikasi masalah yang ingin dipecahkan, perancangan solusi, codingtestingdebugging, dan dokumentasi program.  

#2 Kreativitas

Selain tepat guna, program komputer juga bisa menjadi sumber hiburan. Banyak programmer yang mengembangkan perangkat lunak untuk video game. Mereka menerjemahkan konsep dan storyline game menjadi kode pemrograman yang bersih, efisien, dan sesuai spesifikasi dari game devoloper.

#3 Web development semakin canggih

Kini website bisa menjadi platform interaktif dan menyediakan akses kontrol yang sama seperti aplikasi desktop. Konsep tersebut memungkinkan setiap user experience menjadi unik. 

Platform interaktif juga memungkinkan adanya input langsung dari user secara berkala. Proses debugging mungkin saja dilakukan lebih sering dari biasanya. Programmer sangat berperan dalam maintenance demi menjaga website tetap fungsional sekaligus user-friendly  

#4 Membuat perangkat lunak yang aman dari cyber attack

Beberapa programmer berspesialisasi dalam cyber security karena ada beberapa software maupun website yang rentan terhadap kejahatan cyber. Peretas biasanya mengincar database milik bisnis keuangan, perbankan, dan platform jual-beli (e-commerce).  

Karena itu, software development tidak hanya fokus pada utilitas perangkatnya saja.

Penutup

Programmer adalah orang yang membuat program komputer, baik software maupun hardware

Programmer berspesialisasi karena tidak ada satupun program komputer yang punya utilitas serba bisa. Jenis-jenis programmer di antaranya:

  1. Computer hardware programmer
  2. Software programmer
  3. Database programmer
  4. Web developer

Secara umum, role programmer membutuhkan skill bahasa pemrograman. Berikut beberapa tambahan skill yang wajib dikuasai:

  1. Keterampilan debugging
  2. Kemampuan berpikir logis
  3. Menguasai matematika (khususnya materi aljabar) dan statistika dasar
Rizki Agung Sentosa

Perkenalkan nama lengkap saya Rizki Agung Sentosa, biasa dipanggil Rizki/Agung. Saya lahir pada tahun 2002. kini saya sedang menjadi Mahasiswa di Kampus Universitas Bina sarana Informatika jurusan Ilmu Komputer S1

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama